Satu Tahun Nakhodai PWI MINSEL, Winerungan Ungkap Perlu Tingkatkan Marwah Organisasi

Satu Tahun Nakhodai PWI MINSEL, Winerungan Ungkap Perlu Tingkatkan Marwah Organisasi

 

Minsel, Lintasinvestigasi.com – Tepat hari ini, Sabtu(1/10/2022) wadah kewartawanan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Minsel dibawa kepemimpinan Maurien Winerungan genap berusia 1 tahun. Pada tahun yang lalu Winerungan resmi dilantik oleh ketua PWI Provinsi Sulawesi Utara(Sulut) Voucke Lontaan di Vila Sutanraja Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur yang di hadiri oleh Wakil Bupati Minsel P,dt Petra Yani Rembang M,Th serta unsur Forkopimda.

Dalam setahun berjalan PWI Minsel mampuh membuat berbagai terobosan serta perubahan, baik dalam internal PWI maupun dalam mendongkrak kemajuan pemerintahan daerah melalui karya nyata serta pemberian diri wadah kewartawanan tertua di Indonesia ini.

Winerungan selaku Ketua terpilih PWI Minsel membuktikan kalau PWI merupakan organisasi terhormat dan ber etika.

Melalui hubungan seluler dengan wartawan media ini, pada Sabtu(1/10 /2022), Winerungan mengucapkan bahwa PWI Minsel tetap solid dan selalu tampil terdepan dalam menyajikan informasi yang akurat serta menjunjung tinggi dalam menjaga Marwah organisasi.

” Puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, karena hingga saat ini boleh genap satu tahun kepemimpinan saya di PWI Minsel. Semogah kedepannya PWI Minsel akan lebih baik dan baik lagi, baik dalam sistim pengelolaan organisasi maupun peningkatan elektabilitas PWI.” ujar Winerungan.

Dalam obrolan singkat, Winerungan mengungkapkan perlu meningkatkan Marwah PWI di Kabupaten Minahasa Selatan kedepannya.

Boleh jadi dalam amatan dan persepsi Maurien marwah PWI di Minsel selama ini kedodoran atau kurang dihormati, maka ia terobsesi untuk meningkatkannya. Kalau memang seperti itu, kinilah saatnya marwah tersebut ditegakkan. Namun, hal ini tentu saja masih ‘debatable’ sifatnya. Pengurus demisioner tentu tak sepakat kalau PWI di masanya diklaim kedodoran marwahnya.

Oleh karenanya, mungkin saja yang dimaksud Winerungan soal marwah itu adalah dia ingin marwah PWI tetap terjaga.

Di sisi lain, tagline ‘demi marwah PWI’ bisa juga ditafsirkan bahwa Winerungan sebetulnya ingin kredibilitas, integritas, dan profesionalisme segelintir wartawan yang sering dikeluhkan oleh narasumber dan pembaca–dan ini berdampak pada citra PWI–ke depannya tidak terdengar lagi sebagai nyanyian sumbang.

Ketika marwah yang ingin dijunjung dan dijadikan target akhir dari kepemimpinan seorang Maurien Winerungan di PWI Minsel maka ia haruslah bersungguh-sungguh bersama kabinetnya kelak memperjuangkan profesi wartawan ini tetap sebagai profesi yang ‘honorable’.

Untuk itu, program-program yang disusun haruslah mengarah kepada penegakan marwah wartawan dan martabat PWI sebagai wadah tempat para jurnalis berhimpun. Untuk penegakan marwah wartawan, maka kepatuhan terhadap Kode Etik Jurnalistik adalah kuncinya. KEJ tersebut harus senantiasa menjadi himpunan etika bagi wartawan dalam menjalankan profesinya.

Oleh karenanya, PWI di masa Winerungan menempatkan kualitas dan integritas wartawan pada prioritas pertama. Hal ini hanya akan terwujud jika uji kompetensi wartawan (UKW) dilakukan sesering mungkin, sehingga tak ada lagi wartawan di Minsel yang tak lulus UKW. Selain itu, materi tentang Hukum Pers sebagaimana termaktub dalam UU Nomor 40 Tahun 1999, juga UU ITE dan UU Penyiaran, harus sering pula diajarkan kepada wartawan melalui workshop atau sejenisnya.

Pelatihan-pelatihan untuk memperkaya wawasan khas era digital harus pula dilakukan secara berkala untuk meng-upgrade pengetahuan wartawan.

Akhirnya kita berharap, di masa kepemimpinan Winerungan PWI Minsel makin meningkat dan terjaga marwahnya, terutama marwah para wartawannya sebagai profesi yang mulia dan terhormat. Hendaknya jangan ada lagi wartawan nakal, tukang peras, dan wartawan abal-abal di Minsel, dan itu menjadi tugas berat Winerungan untuk menertibkannya.

Pada kesempatan terpisah, Owner Media www.Lintasinvestigasi.com Hezky Liando mengucapkan selamat dan sukses atas 1 tahun kepemimpinan Maurien Winerungan sebagai Ketua PWI Minsel Periode 2021-2024. Di bawah kepemimpinan Winerungan semoga organisasi wartawan ini menjadi lebih berwibawa, disegani, dan diperhitungkan sebagai tempat berhimpunnya para wartawan, salah satu profesi yang mulia lagi terhormat.

Redaksi